Jasa Pengurusan Izin Operasi dan SKT Bojonegoro Harga terjangkau Hub: Ibu Shila Telp / WA 0821 3918 9838

Tips Mendapatkan Izin Operasi atau Surat Keterangan Terdaftar

Pemakaian Solar Cell atau pembangkit pada perusahaan adalah krusial. Pembangkit atau Turbin Air dapat berguna sebagai emergency saat listrik mati,ataupun back up saat kebutuhan daya listrik meningkat. Pemerintah mengatur hal ini dalam Perundang-undangan agar menjamin keselamatan kerja bagi operator dan kehandalan genset. Banyak yang belum mengetahui tentang wajibnya Ijin Operasi, padahal hal ini sudah tercantum undang-undang sejak 2009. Ada sanksi khusus yang harus dilaksanakan jika perizinan ini tidak dipenuhi. Rincian sanksi yang akan diterima, tersebut jelas dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Undang-undang nomor 30 tahun 2009 pasal 19 ayat 2 menyatakan “Setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki sertifikat laik operasi” dan Pasal 22 Ijin operasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (1) huruf b diwajibkan untuk pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas tertentu yang diatur dengan Peraturan Menteri.

 

Apa itu Izin Operasi ?

Ijin Operasi adalah Perizinan yang dimiliki oleh pemilik instalasi ketenagalistrikan dimana instalasi tersebut digunakan untuk kepentingan sendiri baik itu instalasi Solar Cell atau pembangkit, transmisi dan distribusi. Pengesahan izin operasi ini didapat dari Gubernur / Pemerintah Daerah. Penamaan Ijin Operasi untuk berbagai kapasitas genset atau pembangkit, sesuai dengan kapasitas pembangkit. Di bawah ini dijelaskan mengenai klasifikasi izin berdasarkan kapasitas genset atau pembangkit.

Klasifikasi Ijin Operasi berdasarkan Kapasitas Pembangkit

1. Izin Operasi diperuntukkan bagi total jumlah daya Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau pembangkit yang lebih dari 200kVA

2. Surat Keterangan Terdaftar diperuntukkan bagi total jumlah daya Turbin Uap atau pembangkit yang dayanya 25 sampai dengan 200kVA

3. Laporan diperuntukkan pada total jumlah daya Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau pembangkit yang dayanya kurang dari 25 kVA.

Terkait perizinan operasi, pemilik usaha atau pemilik instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau pembangkit yang lebih dari 200 kVA, harus masuk ke sistem OSS (Online Single Submission) Pada Sistem ini pemilik usaha atau pemilik instalasi genset atau pembangkit memasukkan data – data usaha, lokasi pembangkit, dan kapasitas pembangkit

Syarat – syarat mengurus Izin Operasi :

1. Sudah memiliki NIB dari sistem OSS (Online Single Submission)
2. Masuk ke Sistem OSS (Online Single Submission)
3. Input Data Perusahaan, Lokasi Pembangkit dan kapasitas pembangkit
4. Mencetak atau mendownload Izin Operasi

Pada note Ijin operasi dinyatakan Ijin operasi tidak berlaku selama komitmen berusaha belum dipenuhi.

Apa itu Komitmen Berusaha ?

Komitmen Berusaha adalah kelengkapan dokumen yang diverifikasi dan visit lapangan dari dinas terkait mengenai data usaha dan data Turbin Gas atau pembangkit.

Kami selaku konsultan Izin Operasi dan Surat Keterangan Terdaftar yang menangani klien sejak 2017 dan professional di bidangnya.

Hubungi :
Ibu Khusila Vibiyanti
CV. Mandiri Bima Jaya
Perum Pondok Benowo Indah Blok P no. 9
Surabaya
No. HP / WA : 0821 3918 9838

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *